Selamat datang di Enggar Weblog

Selasa, 29 Januari 2008

Dominasi Wilayah Barat

Dominasi klub-klub asal wilayah barat pada laga semifinal 6 Februari di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, semakin terasa. Hal ini dibuktikan dengan lolosnya Sriwijaya FC, PSMS, dan Persija ke babak semifinal.

Sriwijaya dan PSMS, dua tim asal Sumatra, menggilas dua pesaing mereka dari wilayah timur, Arema dan Persiwa, pada babak 8 besar di Surabaya dan Sidoarjo. Namun, dominasi itu harus dibuktikan lagi saat bertemu Persipura, jawara asal wilayah timur yang lolos ke semifinal dengan rekor mulus dua kali menang dan sekali seri serta rekor gol luar biasa, 8-1!

Sriwijaya memastikan satu tiket ke semifinal setelah hanya bermain imbang 0-0 lawan Persiwa pada laga terakhir babak 8 besar Grup Timur, Sabtu (26/1) di Stadion Gelora 10 November, Surabaya.

Lewat hasil itu, Sriwijaya mengumpulkan poin 5 sekaligus memuncaki Grup Timur. Sementara itu, laga PSMS kontra Arema, yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada hari yang sama, berakhir 1-0 untuk Tim Singo Edan.

Modal itu sudah cukup bagi Renato Elias untuk melengkapi persiapan pesta penyambutan warga Palembang, yang sudah tak sabar melihat pahlawan mereka yang baru saja memenangi Copa 2007.

“Tiket itu membuat kami tenang saat berada di Palembang. Saya berharap dukungan juga semakin besar di semifinal nanti,” kata Ambrizal, pilar belakang Sriwijaya.

Sebaliknya skor kacamata mengandaskan ambisi Persiwa mengetuk pintu Stadion Gelora Bung Karno. Herman Runtini dkk. pun urung mengantongi bonus Rp 300 juta seperti yang dijanjikan manajer Jhon R. Banua. “Ini fakta pahit. Bukan saja bonus melayang, tapi kami juga gagal memberikan kado manis bagi warga Wamena,” tutur Herman.

Kegagalan ini juga menjadi kado perpisahan bagi pelatih Joko Susilo, yang mengakhiri kerja samanya dengan tim Wamena. “Saya harus bilang apa? Anak-anak sudah kerja keras, tapi hasilnya tak berpihak pada kami,” ujar Joko.

Lolosnya Sriwijaya ke semifinal juga diikuti PSMS, yang unggul agregat gol atas Arema. Dua tiket yang mereka genggam itu menunjukkan dominasi tim-tim wilayah barat. Sebelumnya Persija, yang di babak reguler menempati urutan kedua klasemen akhir, juga lolos. Satu-satunya wakil dari wilayah timur diisi Persipura. (Fahrizal Arnas)

0 komentar: