Selamat datang di Enggar Weblog

Selasa, 29 Januari 2008

Jadwal Piala Afrika Bakal di Geser

London, BOLASportsLine/rtr Keluhan klub-klub Eropa yang harus merelakan pemain-pemain asal Afrika mereka pulang ke negaranya masing-masing untuk ambil bagian di ajang Piala Afrika, akhirnya mendapat perhatian presiden FIFA, Sepp Blatter. Menurut Blatter waktu penyelenggaraan Piala Afrika tidak pas dan rencananya akan diatur ulang pada tahun 2016.

Kepada kantor berita Inggris, BBC, Blatter menyatakan waktu penyelenggaraan Piala Afrika harus meniru turnamen-turnamen besar lainnya agar tidak menyulitkan klub dalam menyiapkan amunisi pemain menjelang paruh kedua musim kompetisi. Untuk itu ia rencananya akan menggeser gelaran Piala Afrika ke bulan Juni atau Juli pada tahun 2016 mendatang.

"Ini sudah menjadi tradisi. Tapi sekarang sudah saatnya memberanikan diri untuk merujuk pada kalender Internasional dan melihat apakah hal ini mungkin dilakukan. Kami menetapkan target pada tahun 2016. Pada saat itu kalender pertandingan internasional harus sesuai dengan keingingan setiap orang," tutur Blatter.

Namun, rencana Blatter ini mendapat tentangan dari Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF). Awal pekan ini CAF menegaskan bahwa Piala Afrika akan tetap digelar pada bulan Januari. Menurut mereka, bulan Juni bukan waktu ideal untuk menggelar kompetisi sepakbola. Sebab, cuaca Afrika di pertengahan tahun biasanya sangat panas dan kering.

Selain itu, ditakutkan ajang Piala Afrika bakal bentrok dengan waktu penyelenggaraan Piala Dunia yang digelar setiap empat tahun sekali. Blatter memberi solusi yaitu Piala Afrika digelar di tahun ganjil.

0 komentar: